Friday, 17 December 2010

nge-upgrade power yamaha mio(2)

ni lanjutan tulisan gw yang kemaren.kalo blom baca yang pertama,baca dulu dah.biar lebih enak.

sekarang,juga banyak motor yamaha mio yang notabene udah diobrak-abrik mesinnya.walaupun,cuma ganti roller.disini,sekarang gw mau ngebahas tentang mesinnya.bengkel motor sekarang juga banyak yang jual paket bore-up.tinggal PnP,plug and play.barang barang yang diganti juga ga banyak ko,tergantung lu punya duit berapa.

yang pertama,ganti blok silinder sama seher.buat dongkrak kapasitas ruang bakar tambah gede,yang pasti ganti seher yang lebih gede.nah,disini seher standar mio yang diameternya cuma 50mm(yang bisa dijadiin gantungan kunci saking kecilnya seher mio)diganti pake punyanya motor lain,apa engga beli yang aftermarket yang diameternya lebih gede.

kalo lu mau ngambil yang dari motor laen,yang biasa dipake tuh punyanya honda karisma(53mm),suzuki shogun(54,5mm).kalo yang ukuran segitu,cc motornya bisa bengkak jadi 130cc.ini biasa dipake yang buat mendasar.kalo yang menengah,pake punyanya honda GL(56,5mm),suzuki thunder(59mm).kalo pake seher ini cc-nya naik jadi 150cc.tapi,kayanya kalo pake seher thunder pin sehernya beda.trus,kalo yang cc-nya mau gede,pake punya honda tiger(60mm),kawasaki boss(66mm),sama yamaha scorpio(70mm).kalo pake seher ini cc-nya melonjak jadi 200cc-an.kalo yang mau beli yang aftermarket ada merek izumi,ini sering dipake buat road race.trus ada hi speed,npp,rrgs,jiso,tdr,kawahara,dll...

kalo yang aftermarket ada 2 jenis.ada yang kepala sehernya rata,sama yang dome(sehernya jenong)sekarang juga ada yang bahannya dari teflon,biar meninimalisir scratch di liner blok silinder.disini juga ada batesannya kalo mau ngebore-up.jangan sampe liner di blok silinderya kelewat tipis,bisa bisa motor lu jebol yang akhrinya lu ngeluarin duit buat beli blok silinder lagi.kalo,buat balapan gapapa,karena ada stok yang banyak.tapi,gw kasih tau,kalo lu beli paket bore-up yang murah,jangan tergiur deh,karena blok silindernya gampang retak,trus lama kelamaan jebol deh.. biasanya sih,kalo udah di bore-up,ganti klep juga sama ganti per klepnya.klep ada macem macem merek sama ukuran,ada tdr yang banyak diaplikasi di balapan road race,trus ada klep EE yang ukurannya 31/25mm batangnya 0,5mm,EE5.klep EE5 ada 3 ukuran:34/27mm,34/31mm,sama 31/25mm semua batangannya berukuran 5,5mm,punyanya honda sonic 27/23mm,klep no brand banyak diaplikasi sama dragster yang ukurannya 34/31mm,sama punya camry yang ukurannya jumbo 34/31mm batangannya 4,5mm.kalo per kepnya yang sering dipake orang orang sih pake per klepnya honda sonic sama per klep 'jepang'

yang kedua ganti CDI sama ganti koil,CDI standar jadi pake yang CDI unlimiter,jadi kurva pengapiannya lebih advance dari CDI standar.pilihannya macem macem,mau yang kurva pengapiannya model fix single map,multi map,ampe yang programable juga ada.tergantung lu punya duit berapa.tapi,menurut gw single map sama multi map sbnernya udah cukup.karena yang programable tuh lebih mahal harganya,dibanding sama single map sama multi map.

ni jenis jenis CDI aftermarket yang banyak dijual di toko variasi:buat yang single map, kaya BRT power max hyperband,varro unlimitter,sama yang punya CDI yamaha fino (5VW).kalo yang multi map,kaya BRT max dual band itu 480 rebu,rextor adjustable,dll...

yang ketiga,ganti noken as.kalo noken as bisa custom sendiri ke tukang bubut,apa engga beli yang aftermarket yang durasinya tinggi.tapi,lebih praktis sih beli yang aftermarket,karena tinggal plek,ga nyari settingannya lagi.noken as yang aftermarket kebanyakan tonjolannya lebih tinggi dibanding aslinya,jadi proses buka tutup klepnya lebih maksimal sama biar tarikan bawahnya ga lemot.noken as yang banyak dipake sih cld,tdr,ahrs,hi speed,lhk,wrd,sama kawahara

yang keempat,ganti karburator.karbu ganti pake yang skep langsung kaya keihin PE(ini punyanya nsr-sp),koso,sama mikuni biar akselerasinya lebih dapet.karbu ada yang buatan taiwan,thailand,sama jepang.kalo diibaratkan tuh,kalo yang buatan taiwan itu KW 2,thailand KW 1,kalo yang jepang itu barang ori.trus kalo yang taiwan itu harganya lebih murah,malah gw bilang murah banget.ni macem macem karbu yang biasa dipake speedlovers:mikuni TM 28 sudco,koso 28,koso 24,keihin PE 28,mikuni TM 24 samurai,koso 28,keihin PWK 28,keihin PE 24,sama keihin PJ 34 sudco.

yang kelima,ganti knalpot.kalo diganti knalpot yang free flow sama disetting ulang karburatornya.bisa dongkrak tenaga sampe 1,5 dk.knalpot juga macem macem.ada yang silent sampe yang racing.kalo yang silent,ada cld terminator,trus ada password.password ada 2 macem,ada yang chrome polish sama yang polos hitam.trus setau gw ada yang ahrs silent.trus kalo yang racing ada cld racing.nah,ini ada 2 macem,ada yang stainless steel sama carbon look.trus ada merk kawahara.kawahara ada 3 macem.ada k1,k2,sama k3.trus,tdr ada 2 macem.yang buat road race sama drag.

udah ah,cape gw nulisnya.udahan aaah.......

No comments:

Post a Comment